Selasa, 14 Februari 2017

Mengenal Khimar Syari Bahan Ceruti dan Jenisnya

Khimar Syari Bahan Ceruti - Model khimar terbaru dengan bahan ceruti banyak diminati oleh perempuan muslimah saat ini. Ceruti ialah kain yang mempunyai tekstur yang cukup elastis, karena di dalam bahan dasar kain ini ada kandungan bahan sutra yang sangat lembut, sehingga menjadikan kain jenis ini memiliki kesan yang mewah, elegan dan bertekstur seperti kulit jeruk.
Kontur atau permukaan kain ini menyerupai kulit jeruk tetapi lebihi halus, ada bintik kecil yang halus, bahan kain ini lebih lembut,  masanya agak berat, saat dikenakan terasa jatuh, jadi tak enteng/melayang. Bahan ini cukup digemari karena tak terlalu licin dan indah saat dikenakan. Sangat cocok juga bagi pemula pengguna jilbab atau khimar.
Kain ceruti sangat mirip dengan kain shifon dan bahkan kerap disebut dengan sifon cerruti dengan ciri khas biasanya berbahan tipis. Persamaan di antara keduanya adalah merupakan dua jenis kain dan bahan yang sama-sama mempunyai ragam variasi warna. Sedangkan perbedaannya adalah ceruti ini jauh lebih lembut sangat  mudah dibentuk.

Maka dengan seiring perkembangan dunia fashion khususnya untuk khimar, bahan yang digunakan semakin beragam. Bahkan setiap bulan kita hampir selalu mendengar dan membaca jika ada sebuah produk yang menggunakan jenis bahan yang baru serta yang berbeda-beda dari jenis-jenis bahan sebelumnya yang kerap dipakai untuk membuat khimar atau baju. Pada artikel kali ini akan membahas empat perbedaan ketiga jenis bahan khimar dari jenis kain ceruti murni, ceruti crepe, ceruti diamond atau diamond georgette dan ceruti crepe, dari sisi jenis serat kain, lebar kain, harga, dan penampakannya bila di sentuh.
1.    Ceruti murni
Untuk jenis kain ceruti murni, tentunya masyarakat sudah banyak yang mengetahui. Salah satu dari jenis ceruti ini memang sangat disukai dan banyak dijadikan bahan untuk membuat khimar sebab struktur kainnya yang cukup adem, terasa jatuh saat dipakainya serta teksturnya yang lebih halus jika dibandingkan dengan jenis kain sifon lainya. Ceruti murni ini biasanya memiliki lebar kain 1,5 meter. Umumnya, hijab dari jenis kain ini memakai kain sebanyak 2 lapis.
2.    Ceruti Diamond/ Diamond Georgette/ Crepe Diamond
Ceruti diamond yang juga banyak orang yang menyebutnya dengan JST, diamond georgette, maupun crepe diamond. Jenis kain dengan bahan ini hampir sama dengan ceruti, namun lebih melar, lebih tebal dan juga cukup dingin dan nyaman saat dikenakan. Dalam sisi massanya, kain ini memang lebih ringan dibandingkan dengan ceruti murni. Lebar kainnya sekitar 1,5 meter. Jenis kain bahan ini mulai menjadi trend mulai tahun 2015. Tekstur kainnya halus, dan seratnya tak terlihat dan tak terasa saat di raba. Harga kain jenis ini memang cenderung lebih tinggi dari pada ceruti bisa berkisar antara IDR 10.000 tiap meternya.
3.    Ceruti jenis crepe atau turmalin
Bahan ini memang sangat menyerupai jenis kain diamond, perbedaanya ada pada tekstur kainnya. Lebar kain ini sekitar 1,5 m. Pada terksturnya akan terasa dan nampak memiliki serat dan agak timbul atau memiliki bubble seperti bergelembung. Karena itulah, kain jenis ini disebut juga dengan kain crepe bubble. Hanya dapat nampak bedanya jika sudah disentuh memakai tangan sendiri secara langsung. Jenis kain ini juga akan melar dan lebih tebal, sehingga cukup dengan menggunakan satu lapis saja jika akan dipakai untuk khimar.
Nah, itulah beberapa jenis-jenis kain ceruti karakteristiknya yang bisa anda gunakan sebagai bahan informasi. Demikian pembahasan tentang Khimar Syar’i Bahan Ceruti dan Jenisnya. Terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar